Merawat Luka Memar


Jahe

Apakah anda pernah melihat kulit yang kemerahan, biru, atau ungu saat anda jatuh atau terbentur benda tumpul? Sebenarnya kondisi tersebut merupakan luka dalam yang terjadi akibat bagian tubuh berbenturan dengan benda tumpul. Warna kemerahan, kebiruan, atau ungu adalah akibat dari pecahnya pembuluh darah kecil di bawah kulit rusak atau pecah sehingga darah merembes keluar ke jaringan dan membeku. Biasanya gejala yang terjadi diikuti oleh adanya bengkak dan nyeri.

Pada dasarnya luka memar akan sembuh dengan sendirinya dan dapat ditangani secara mandiri tanpa harus ditangani di fasilitas kesehatan oleh tenaga medis. Namun sebelum melakukan perawatan tetap saja diperlukan penilaian yang cukup agar kita yakin bahwa luka yang dialami hanya luka memar biasa bukannya cidera dalam yang parah. Luka memar yang memerlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh tenaga kesehatan jika sakit yang dialami sangat hebat atau muncul tanda-tanda luka pada organ dalam seperti patah tulang. Jika luka memar muncul tanpa penyebab yang pasti, sebaiknya segera memeriksakan diri ke tenaga medis karena dikhawatirkan memar yang muncul merupakan tanda-tanda adanya penyakit yang serius.

Pada dasarnya dalam menangani luka memar, tidak perlu memperhatikan seterilitas seperti halnya ketika menangani luka biasa atau luka bakar. Namun, tetap saja harus memperhatikan kebersihan ketika sedang melakukan penanganan pada luka. Mencuci luka dan mencuci tangan dengan air bersih sebelum menangani luka tetap direkomendasikan untuk meninimalisir terjadinya infeksi. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa dikuti ketika menangani luka memar:

Kompres dengan Es

Langkah pertama yang dilakukan untuk mengatasi luka memar adalah mengkompresnya dengan es. Caranya adalah dengan membungkus es dengan kain atau handuk, lalu kompreskan pada luka. Lakukan langkah ini hingga nyeri dan bengkak berkurang. Penggunaan es pada langkah ini berguna untuk menyempitkan pembuluh darah sehingga memar tidak meluas dan mengurangi nyeri dan pembengkakan.

Balut

Balut luka memar dengan perban elastis, tetapi jangan terlalu kencang. Langkah ini dimaksudkan untuk mencegah luka memar semakin melebar atau bocor yang berakibat luka memar semakin parah. Namun jika luka yang dialami hanya luka memar kecil langkah ini bisa saja dilewatkan.

Tempatkan Bagian yang Terluka pada Posisi yang Tinggi

Usahakan bagian tubuh yang terkena luka memar diposisikan pada posisi yang lebih tinggi dari dada. Langkah ini dimaksudkan untuk mengurangi aliran darah kebagian tubuh yang terkena luka memar sehingga luka memar tidak meluas.

Kompres dengan Air Hangat

Setelah 2 hari, kompres luka memar dengan dengan air hangat. Caranya bisa dengan membasahi handuk dengan air hangat lalu di kompreskan pada bagian tubuh yang mengalami luka memar. Langkah ini dimaksudkan untuk meningkatkan aliran darah sehingga warna pada luka memar cepat memudar.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, diharapkan dapat mempercepat proses penyembuhan pada luka memar. Untuk membantu proses penyembuhan, dapat juga menggunakan obat yang diindikasikan untuk luka memar seperti Minol (TA).

 

Dari Berbagai Sumber



Temukan Artikel Lainnya

Pantangan Bagi Penderita Hemoroid

Mengalami hemoroid memang tidak menyenangkan, apalagi bagi orang yang memiliki rutinitas untuk berlama-lama duduk di depan komputer atau berkendara. Rasa tidak nyaman tentu saja akan sangat mengganggu dan akan berpengaruh pada produktivitas sehari-hari. Bagi penderita hemoroid sangat penting untuk menjaga makanan dan beraktivitas agar hemoroid yang diderita tidak semakin mengganggu dan semakin parah. Akan lebih baik jika pola makan dan aktivitas tersebut dibarengi dengan makanan yang kaya serat untuk mempercepat kesembuhan.

Makanan-makanan yang sulit dicerna menjadi pantangan yang harus dihindari ketika menderita hemoroid. Makanan-makanan tersebut bisa membuat feses menjadi keras sehingga sulit keluar ketika buang air besar, sehingga perlu mengejan lebih keras yang bisa mengakibatkan hemoroid yang diderita bertambah parah. Menjaga makanan merupakan salah satu faktor penting dalam mengobati hemoroid. Berikut adalah beberapa pantangan yang harus dihindari ketika menderita hemoroid:

·         Menahan Buang Air Besar: Semakin lama menahan buang air besar akan membuat feses semakin keras, akibatnya akan membuat feses sulit untuk dikeluarkan ketika buang air besar, sehingga perlu mengejan lebih keras untuk mengeluarkan feses yang akibatnya bisa membuat hemoroid semakin parah.

·         Mengejan terlalu keras: Mengejan saat buang air besar dapat memperparah hemoroid karena akan membuat tekanan pada pembuluh darah di anus dan rektum semakin besar. Hal ini bisa memperparah hemoroid yang diderita.

·         Berlama-lama saat buang air besar: semakin lama berjongkok saat buang air besar, semakin lama juga tekanan yang akan diterima oleh pembuluh darah di anus dan rektum. Kondisi ini tentunya akan membuat hemoroid yang didertia semakin parah.

·         Makanan berkadar garam tinggi: Makanan-makanan cepat saji atau cemilan-cemilan yang banyak beredar biasanya mengandung garam yang tinggi. Kandungan garam akan mengikat air dalam tubuh sehingga meningkatkan tekanan pada pembuluh darah, tekanan pada pembuluh darah tersebut termasuk pembuluh darah di anus dan rektum.

·         Makanan Berlemak: makanan-makanan berlemak seperti daging, kuning telur, makanan bersantan, merupakan makanan-makanan yang harus dihindari ketika menderita hemoroid. Makanan-makanan tersebut sulit dicerna sehingga mengakibatkan sistem pencernaan bekerja ekstra yang bisa mengakibatkan hemoroid semakin parah.

·         Makanan Pedas: Memakan makanan pedas biasanya dapat memperburuk hemoroid yang sedang diderita. Makanan-makanan pedas dipercaya dapat memperburuk sistem pencernaan yang dapat berpengaruh pada memperparah kondisi hemoroid.

·         Makanan Kurang Serat: makanan-makanan yang kurang serat pada umumnya sulit dicerna dan dapat menimbulkan sembelit. Kondisi ini tentu saja dapat memperparah hemoroid yang diderita.

Selain menghindari pantangan-pantangan yang disebutkan di atas, juga direkomendasikan untuk menjaga kesehatan dan rajin olahraga. Pengobatan hemoroid juga sebenarnya cukup mudah karena sudah banyak beredar obat-obat yang diindikasikan untuk menyembuhkan hemoroid. Obat-obat untuk hemoroid biasanya merupakan obat bebas dan dapat dibeli tanpa perlu menggunakan resep dari dokter. Beberapa obat yang kami rekomendasikan adalah Mediven dan Mathuk, kedua obat ini mengandung daun ungu yang sudah terbukti efektif mengatasi hemoroid (TA).

 

Foto: pixabay.com

Sumber: dari berbagai sumber

BACA LEBIH LANJUT

Rekomendasi Makanan Saat Menderita Hemoroid

Hemoroid merupakan jenis penyakit yang terjadi akibat adanya benjolan pada rektum dan atau anus. Hemoroid akan membuat penderitanya merasa tidak nyaman terutama saat duduk ataupun buang air besar. Pada kondisi yang lebih berat hemoroid bisa menyebabkan rasa sakit dan pendarahan terutama saat buang air besar. Kondisi ini biasanya akan menjadi lebih parah jika tidak diimbangi dengan pola makan yang tinggi serat sehingga hemoroid yang diderita bisa bertambah parah.

Makanan yang berserat sangat penting bagi penderita hemoroid, karena makanan berserat tidak menimbulkan sembelit dan membuat iritasi saat buang air besar yang justru akan membuat hemoroid semakin parah. Makanan berserat juga membuat feses lebih lunak sehingga mudah untuk dikeluarkan dan tidak menimbulkan rasa sakit ketika buang air besar. Serat pada pada dasarnya dibagi menjadi dua jenis yaitu serat larut dan tidak larut. Serat larut dapat membuat feses menjadi lebih lembut, terbentuk dengan baik, dan memudahkan melewati anus ketika dikeluarkan. Sedangkan serat tidak larut tidak dipecah secara langsung di usus dan langsung menyerap ke aliran darah yang mengalir ke sistem pencernaan.

Beberapa makanan yang dianjurkan untuk penderita hemoroid adalah kacang-kacangan, biji-bijian, maupun buah dan sayur. Makanan-makanan tersebut memiliki kandungan serat yang tinggi dan mudah dicerna sehingga tidak menimbulkan sembelit yang berakibat hemoroid menjadi lebih parah. Untuk menghindari kebosanan anda bisa membuart variasi masakan atau mengkombinasikan makanan-makanan tersebut.

Untuk mencegah hemoroid semakin parah, kita juga bisa mengobati hemoroid secara mandiri menggunakan obat-obatan yang banyak beredar di pasaran. Beberapa contoh obat untuk hemoroid yang kami rekomendasikan adalah Mediven dan Mathuk. Kedua produk tersebut mengandung Daun Ungu yang sudah terbukti efektif untuk mengobati hemoroid. Tentu saja jika dirasa hemoroid yang diderita sudah sangat parah, maka direkomendasikan untuk menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

 

Foto: pixabay.com

Sumber: dari berbagai sumber

BACA LEBIH LANJUT

Penyebab Hemoroid

Merasa tidak nyaman dan sakit disekitar anus memang sangat mengganggu rutinitas sehari-hari, apalagi bagi pekerja kantoran dengan rutinitas banyak duduk. Ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk memperoleh diagnosa yang tepat, tetapi biasanya gejala-gejala tersebut menunjukan bahwa sedang menderita hemoroid. Hemoroid merupakan penyakit yang diakibatkan karena adanya pembengkakan pembuluh darah di sekitar rektum dan atau anus. Rektum merupakan area terakhir dari usus sbelum keluar dari anus, sedangkan anus merupakan ujung saluran pencernaan tempat feses keluar dari tubuh.

Hemoroid sering diderita oleh orang-orang yang memiliki rutinitas duduk terlalu lama atau wanita hamil. Berikut adalah beberapa penyebab hemoroid:

·         Kehamilan : hemoroid banyak menyerang pada wanita yang sedang hamil karena pada kondisi hamil, ketika Rahim membesar dapat menekan pembuluh darah di usus. Kondisi tersebut bisa mengakibatkan pembengkakan pembuluh darah di rektum atau usus sehingga mengakibatkan hemoroid

·         Mengejan saat buang air besar : pada kondisi normal mengejan saat buang air besar tidak akan menyebabkan masalah, tetapi jika tekanan saat mengejan terlalu keras akan beresiko menimbulkan hemoroid

·         Duduk terlalu lama : hemoroid sering kali diderita oleh para pekerja kantoran yang sering duduk berlama-lama, karena bisa memicu pembengkakan pembuluh darah di anus

·         Diare : saat seseorang terkena diare, pasti akan sering berlama-lama duduk ditoilet dan mengejan, keadaan tersebut beresiko menimbulkan pembengkakan di area rektum maupun anus

·         Konstipasi kronis : pada saat konstipasi dimana saat buang air besar perlu mengejan lebih keras dapat menambah tekananpada dinding pembuluh darah sehingga dapat memicu pembengkakan pembuluh darah di rektum dan anus

·         Mengangkat beban : pada saat mengangkat beban tanpa disadari akan nemahan nafas dan mengejan saat mengangkat beban berat. Kondisi tersebut menimbulkan tekanan pada pembuluh darah di anus dan rektum sehingga dapat menyebabkan pembengkakan pembuluh darah atau hemoroid

·         Usia : hemoroid sebenarnya bisa menyerang siapa saja pada usia berapa aja, namun seiiring bertambahnya usia, seseorang akan lebih rentan terkena hemoroid. Terbukti hemoroid lebih banyak diderita pada rentang usia 45-65 tahun

·         Anal sex : anal sex dapat memicu terjadinya hemoroid dan bisa membuat hemoroid yang sudah diderita bertambah parah

Hemoroid adalah penyakit yang normal dan dapat disembuhkan dengan produk-produk yang memang khusus diindikasikan untuk mengatasi hemoroid. Produk-produk tersebut telah banyak beredar di pasaran dan dapat dibeli dengan bebas tanpa menggunkanan resep dari dokter. Salah satu produk yang kami rekomendasikan untuk mengatasi hemoroid adalah Mediven dan Mathuk. Kedua produk tersebut mengandung daun ungu yang sudah terbukti efektif untuk mengatasi hemoroid. Mediven dan Mathuk sudah tersebar di pasaran dan dapat dibeli di apotik, toko obat, maupun online (TA).

 

 Photo: Designed by Freepik

Sumber: dari berbagai sumber

BACA LEBIH LANJUT


Beli Sekarang
Hubungi Whatsapp