Berita Terkini

Jamaah Haji dan Umroh Rentan Terkena Gangguan Tenggorokan

BACA LEBIH LANJUT

Licorice, Si Manis Kaya Manfaat

Jika kita kita sedang mengalami gangguan tenggorokan dan mencari produk-produk untuk meredakan gangguan tenggorokan, kita sering menemukan produk tersebut dengan menonjolkan kandungan licoricenya. Tapi pernahkah kita bertanya-tanya, sebenarnya apa sih licorice?

Licorice atau di Indonesia lebih dikenal dengan nama Akar Manis merupakan tanaman sejenis polong-polongan yang berasal dari Eropa Selatan dan beberapa bagian wilayah Asia. Di Eropa sendiri licorice sudah dikenal dalam bentuk premen sebagai permen licorice. Licorice juga biasa digunakan sebagai perasa dan pemanis dalam produk makanan maupun minuman. Dibalik rasanya yang manis licorice juga sudah digunakan sebahai bahan obat tradisional sejak ribuan tahun yang lalu.

Dilansir dari situs webmd.com, licorice banyak digunakan untuk mengatasi keluhan pada sistem pencernaan termasuk peradangan di usus, mulas, kolik, maupun peradangan pada selaput lambung yang berkelanjutan atau gastritis kronis. Licorice juga sering digunakan untuk mengatasi gangguan tenggorokan, bronchitis, batuk dan infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Bagi Anda yang telah telah mengalami fase menopause atau menjelang menopause, licorice juga baik untuk mengatasi hot flushes yang kerap dialami oleh banyak perempuan. Selain itu licorice juga baik buat penderita diabetes, kolesterol tinggi, osteoporosis, dan osteoatritis.

Dalam mengatasi gangguan tenggorokan dan batuk, licorice bekerja dengan mengurangi peradangan dan memproduksi lendir sehat sehingga dapat melegakan gangguan tenggorokan dan batuk. Gaya hidup masyarakat Indonesia yang menyukai makanan yang digoreng maupun kondisi pancaroba menjadikannya rentan terhadap gangguan tenggorokan dan batuk. Maka penting untuk selalu menyediakan produk-produk yang mengandung licorice sebagai upaya preventif [TA].



BACA LEBIH LANJUT

Atasi Gangguan Tenggorokan

Tenggorokan gatal dan tidak nyaman sudah pasti mengganggu aktifitas kita sehari-hari. Gangguan tenggorokan disebabkan oleh adanya iritasi maupun infeksi yang diakibatkan oleh adanya zat asing pada tenggorokan. Gangguan tenggorokan dapat dialami oleh semua usia baik anak-anak maupun dewasa. Rasa tidak nyaman pada tenggorokan harus segera diatasi agar tidak berubah menjadi lebih parah dan bisa mengakibatkan gangguan yang lebih serius. Berikut beberapa cara untuk mengatasi gangguan tenggorkan.

Obat Rumahan

Banyak bahan rumahan yang bisa diolah untuk mengatasi gangguan tenggorokan seperti licorice atau akar manis, lemon, madu, teh, hingga air garam. Bahan-bahan tersebut bisa diolah secara mandiri, biasanya dengan diseduh oleh air panas dan dikonsumsi selagi hangat.

Obat Bebas

Untuk mengatasi gangguan tengorokan anda bisa menggunakan obat yang mengandung licorice. Produk-produk tersebut banyak tersedia dalam bentuk permen maupun pastilles seperti produk Capung Herbal Pastilles. Produk tersebut bisa diperoleh di apotik, toko obat, maupun warung biasa dan dapat dibeli bebas tanpa harus ada resep dokter atau rekomendasi dari apoteker. Jika anda merasakan sakit pada tenggorokan maka anda juga bisa menggunakan parasetamol atau ibuprofen yang sudah terbukti aman dan bisa diperoleh tanpa resep dokter.

Obat Resep

Jika gangguan tenggorokan anda sudah berubah menjadi parah dan tidak bisa lagi diatasi dengan pengobatan mandiri, maka disarankan untuk segera periksa ke dokter. Biasanya dokter akan meresepkan obat berdasarkan hasil diagnosa dari pemeriksaan yang dilakukan. Antibiotik, anti nyeri, anti inflamasi, dan anti alergi adalah obat-obat yang biasanya paling sering diresepkan.

Banyak cara untuk mengatasi gangguan tenggorokan yang menganggu, tentunya berdasarkan tingkat keparahan yang diderita. Jika masih gejala-gejala awal bisa menggukan bahan-bahan yang tersedia di rumah, namun jika sudah sangat parah maka memeriksakan diri ke dokter bisa menjadi pilihan. Kami menyarankan untuk selalu menyediakan Pastilles pereda gangguan tenggorokan sebagai tindakan pencegahan sejak dini [TA].

Photo : Designed by Freepik

BACA LEBIH LANJUT

Berbuka Puasa dengan Gorengan

Bulan suci ramadhan sudah tiba. Selama satu bulan penuh seluruh umat muslim di seluruh dunia akan di uji untuk tidak makan dan minum dari mulai waktu Imsak hingga waktu berbuka tiba. Sore-sore menjelang waktu berbuka biasanya diisi dengan ngabuburit sambil mencari makanan atau takjil untuk berbuka. Banyak pilihan makanan untuk berbuka, mulai dari kolak, kurma, kue-kue, cendol, es kalapa muda, hingga gorengan.

Bagi sebagian besar orang Indonesia terutama kalangan pekerja di perkotaan gorengan merupakan makanan yang paling banyak di buru untuk berbuka. Selain rasanya yang lezat, gorengan juga mudah didapat dengan harga yang terjangkau. Biasanya gorengan digunakan untuk sekedar pengganjal perut atau bahkan dijadikan lauk.

Namun kebiasaan memakan gorengan untuk berbuka bukan merupakan kebiasaan yang baik, bahkan justru tidak dianjurkan karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Kandungan lemak dari minyak yang ada pada gorengan membuat gorengan sulit dicerna, terutama jika gorengan dijadikan makanan pertama untuk berbuka. Kandungan minyak dalam gorengan juga bisa menimbulkan penumpukan LDL (low density lipoprotein) yang bisa berakibat buruk bagi kesehatan.

Penggunaan minyak yang berulang dalam menggoreng juga bisa mengakibatkan gangguan pada tenggorokan, misalnya rasa gatal atau bahkan bisa mengakibatkan batuk dan peradangan pada tenggorokan.  Hal ini karena kandungan lemak dalam minyak yang dipanaskan hingga mencapai titik asapnya dapat membentuk suatu senyawa yang disebut Akrolein. Senyawa ini bersifat iritan dan toksik sehingga bisa menimbulkan iritasi di tenggorokan.

Tentu saja rasa gatal di tenggorokan sangat mengganggu aktivitas keseharian. Apalagi jika rasa gatal tersebut semakin parah menjadi batuk ataupun radang tenggorokan. Maka solusinya bagi anda penyuka gorengan adalah dengan mencoba mengurangi makan gorengan untuk berbuka ataupun juga dengan cara membuat sendiri gorengan di rumah dengan menggunakan minyak goreng yang baru.

 Untuk menghindari gangguan tenggorokan sebenarnya juga bisa diatasi dengan produk-produk yang mengandung Licorice contohnya Capung Herbal Pastilles. Dengan kandungan licorice dan 100% bahan herbal alami, Capung Herbal Pastilles efektif untuk menyembuhkan gangguan tenggorokan. Jadi bagi anda penyuka gorengan kami sarankan untuk selalu menyediakan produk yang mengandung Licorice sebagai pencegahan [TA].

BACA LEBIH LANJUT